Pelajaran dari bencana alam  badai Harvey utk operator cellular : Lesson well learned.

Pelajaran dari badai Harvey, 
Bagaimana operator cellular  bertahan selama Badai Harvey.
Lesson well learned,
Jaringan cellular bertahan lebih baik daripada bencana sebelumnya, namun para pengamat mengatakan bahwa lebih banyak perubahan yang lbh harus dilakukan untuk memastikan orang mendapatkan sinyal bahkan di daerah yang paling parah terkena dampaknya.
 

Ketika Badai Harvey menyerang Texas dan Louisiana minggu lalu, jaringan nirkabel masih beroperasi dgn baik di tempat mereka.
Layanan seluler bertahan lebih baik  daripada di masa lalu, ini hal yang mengejutkan mengingat ruang lingkup dan ukuran bencana. 

Harvey menghancurkan ratusan mil dari garis pantai  Corpus Christi, Texas, ke Danau Charles, Louisiana. Banjir tersebut meliputi wilayah yang kira-kira berukuran Danau Michigan dan merupakan rumah bagi lebih dari 4,5 juta orang. 
Seminggu setelah badai pertama kali mendarat di Texas, air berlahan surut, namun beberapa jalan masih tidak bisa dilalui.

Tidak semua coverage cellular didaerah bernasib baik. Di empat kabupaten di sepanjang Pantai Teluk Texas di mana badai pertama kali mendarat, ada pemadaman yang signifikan, membuat puluhan ribu orang tanpa layanan telepon. 
Akhir pekan lalu segera setelah badai tersebut, Arsanas County di Texas melaporkan bahwa hampir 95 persen menara  cellularnya tidak beroperasi, menurut Komisi Komunikasi Federal.
Tapi di seluruh wilayah yang terkena dampak, jaringan sel berjalan dengan baik, sebagian berkat pelajaran yang telah dipelajari para operator dari  bencana masa lalu.
 Ini semakin kritis bahwa layanan sel harus bisa bekerja selama masa bencana; lebih sedikit orang yang memiliki sambungan telepon rumah, dan mereka mengandalkan smartphone untuk panggilan telepon .
Saat bencana menyerang, Anda tidak ingin terjebak mendengarkan sinyal sibuk.
Badai Katrina membuat lebih dari 1.000 BTS jatuh/mati saat melanda New Orleans pada tahun 2005, menurut FCC. 
Ketika Superstorm Sandy mencapai bagian timur AS pada tahun 2012, kira-kira seperempat jaringan nirkabel di daerah yang terkena turut jatuh juga.

Sebaliknya, hanya 4 persen dari 7.804 BTS di kala Harvey mengalami gangguan saat badai, menurut FCC. Itu kurang dari 400 menara sel.
“Untuk cakupan bencana  ini, hanya ada 4 persen dari situs seluler yang turun benar-benar menakjubkan dalam beberapa hal,” kata Jamie Barnett, seorang partner di firma hukum Venable dan mantan kepala Biro Keamanan Umum dan Keamanan Nasional FCC.

“Kita perlu mencari tahu apa yang terjadi di sana; kehidupan orang bergantung padanya,” kata Regina Costa tentang menara sel yang terkena. Costa adalah ketua komite telekomunikasi dari National Association of State Utility Advocates, sebuah organisasi yang mewakili kepentingan konsumen terhadap masalah utilitas publik.
Apa yang terjadi dengan benar

operator nirkabel telah bekerja dengan cepat untuk memulihkan layanan. operator dgn cepat telah mengurangi jumlah menara sel yang jatuh hingga setengahnya.
Para ahli seperti Barnett mengatakan bahwa tampaknya operator nirkabel mempelajari beberapa pelajaran dari bencana sebelumnya dan bersiap menghadapi badai. 
Misalnya, AT & T dan Verizon memastikan untuk mencukupi bahan bakar / solar di generator cadangan di lokasi BTS.

Mereka menggelar truk pengisian bahan bakar di lokasi yang telah ditentukan di dekat daerah yang terkena dampak untuk memastikan mereka bisa keluar setelah badai berlalu untuk mengisi bahan bakar generator tersebut jika ada kekuatan listrik komersial yang hilang. 
Ini adalah masalah utama pada badai sebelumnya, seperti Katrina, di mana byk BTS yang memiliki cadangan daya kehabisan bahan bakar.
Semua operator utama menyiapkan menara seluler portabel yang disebut COWS ( seluler di atas roda) disini disebut MBTS, mobile combat dll.  yang dapat digunakan di daerah di mana menara sel scr  permanen mengalami kerusakan. 
Dan dalam kasus ketika jalur serat optik yang menghubungkan menara sel ke jaringan kabel pembawa rusak, Verizon mengatakan telah mampu memasang radio microwave sementara untuk  sambungan data melalui udara.
 
AT & T dan Verizon menggunakan pesawat tak berawak untuk memeriksa kerusakan menara sel setelah Badai Harvey.

Operator juga mengambil tindakan untuk pemulihan lebih cepat dari badai. 
AT & T dan Verizon masing-masing mengerahkan pesawat tak berawak untuk terbang di atas area tersebut untuk menilai kerusakan pada menara cellular Menggunakan drone tidak hanya lebih aman dan lebih cepat daripada mengirim kru memanjat menara, namun juga memungkinkan operator mengakses situs yang tidak dapat diakses karena banjir, kata Karen Schulz, juru bicara Verizon.
Ketika drone melakukan inspeksi, mereka mencari hal-hal seperti antena retak, kabel coax berjumbai atau masalah lain yang mungkin menyebabkan masalah sekarang atau dapat menyebabkan gangguan layanan dalam beberapa hari mendatang.
Operator juga telah membuat perubahan mendasar pada jaringan mereka yang mungkin membuat jaringan lebih tangguh. 
Salah satu contohnya adalah teknologi cell kecil yang mengurangi ukuran situs sel. Itu membuat jaringan lebih tahan banting karena lalu lintas bisa dibagikan lebih mudah ke cell yang belum rusak.
Pelajaran penting lainnya adalah kebutuhan akan operator nirkabel untuk bekerja sama dan berbagi infrastruktur untuk memastikan semua pelanggan nirkabel memiliki akses terhadap layanan terlepas dari carrier. Itu membantu jika satu peralatan jatuh.
Pada bulan Desember 2016, FCC mengadopsi Mobile Resiliency Order dalam menanggapi Superstorm Sandy. Ini membentuk sebuah protokol untuk operator untuk memperluas roaming selama bencana dan mendorong saling membantu antar operator nirkabel selama keadaan darurat. 
Semua operator nirkabel utama secara sukarela menandatangani perjanjian.
“Semua ini sepertinya membantu,” kata Barnett.
Ini semua tentang peraturan dan komitment bersama.
Tapi apakah itu cukup? Advokat konsumen Costa mengatakan tidak.
Bagaimanapun, ada jaringan padam di mana Harvey melanda. Costa mengatakan FCC perlu melihat dari dekat operator mana yang terkena dalam pemadaman listrik dan mengetahui penyebab utamanya.
Salah satu daerah yang bermasalah dalam bencana masa lalu dan kemungkinan memainkan peran dalam pemadaman listrik dari Harvey berkaitan dengan kurangnya daya di menara sel. Ketika jaringan listrik komersial turun, seperti yang sering terjadi selama bencana ini, komunikasi terputus kecuali ada cadangan.

 Harvey ada hubungannya dengan kurangnya daya di menara sel. Ketika jaringan listrik komersial padam, seperti yang sering terjadi selama bencana ini, komunikasi terputus kecuali ada supply energy cadangan. Seperti genset dan battery.
Operator nirkabel mengatakan bahwa banyak situs sel memiliki generator yang masuk ke tindakan saat listrik komersial padam,
 namun tidak ada persyaratan peraturan yang mewajibkan berapa banyak infrastruktur itu harus memiliki backup.
 Juga tidak ada persyaratan bahwa infrastruktur ini dipertahankan.
 Perusahaan bahkan tidak perlu mengungkapkannya kepada FCC atau masyarakat berapa banyak infrastruktur mereka memiliki backup, apalagi rincian menara yang memiliki generator.
“Kita tidak bisa hanya mengambil kata pembawa nirkabel dengan nilai nominal sehingga mereka cukup siap,” kata Costa. “Kita harus memastikannya.”
Ketua FCC Ajit Pai berencana untuk mengunjungi pantai Texas dan Louisiana pada 5 September. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Rabu, dia mengatakan bahwa pihaknya akan “melakukan apapun untuk membantu memulihkan layanan komunikasi,” dan untuk “memastikan bahwa mereka yang terkena dampak dapat memperoleh Kembali ke kaki mereka secepat mungkin. ”

“Kami belajar dari Katrina dan Sandy, dan kita perlu belajar dari Harvey,” katanya. “Apakah daya cadangan gagal dan menyebabkan padam ini? Atau apakah itu gagal karena kerusakan akibat badai pada peralatan?”
Ini bukan hanya untuk badai. Ketidak tergantungan infrastruktur pada kekuatan listrik komersial merupakan kewajiban selama bencana alam lainnya, atau bahkan serangan cyber, katanya.
“Tidak semua bagian infrastruktur diciptakan sama,” kata Costa. ”
Operator memilih dan memilih tempat untuk  backup ini.
 Saya tidak berpikir Anda dapat menyimpulkan bahwa semuanya tidak beraturan sampai  mengidentifikasi apa yang terjadi dan mengapa.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s